Selasa, 27 November 2012

tombol back galaxy young anda macet? nih solusinya:

Satu masalah agak serius yang saya hadapi saat memakai ponsel Samsung Galaxy Young adalah tombol back yang kadang main-main dan tidak berfungsi sama sekali. Wah, bisa dibayangkan bagaimana ponsel tanpa tombol back, pasti akan kebingungan untuk memakainya.
samsung galaxy y

Kejadian ini saya alami setelah seminggu memasang screen guard atau anti gores pada ponsel tersebut. Tidak ada masalah dengan screen guardnya, bentuknya memang dirancang untuk di pasang di Galaxy Young, tapi kenapa malah muncul masalah begini. Sempat browsing mengenai masalah ini tapi tidak ketemu juga, namun setelah baca-baca di thread Kaskus ternyata disebabkan oleh jari yang basah. Saya coba mengeringkan jari yang memang sudah kering, memang mau tapi masih sering macet gak berfungsi.

Saya mengira masalahnya ada pada screen guard yang terpasang, tapi tombol menu di sebelahnya masih tetap berfungsi padahal sama-sama tertutup screen guard. Tapi ya coba iseng, saat melepas sedikit bagian screen guard di bagian tombol back, tombol tersebut kembali berfungsi normal tanpa macet lagi. Nah ternyata memang ternyata disana masalahnya, karena sebaiknya screen guard hanya menutupi bagian layarnya saja. Setelah dibaca-baca lagi ternyata jika kita membiarkan tetap seperti ittu (menutupi seluruh bagian depan ponsel) akan bisa menyebabkan kerusakan pada hardware. Saya belum pernah mengalaminya sih, tapi itu yang saya baca di forum Kaskus.

Lantas bagaimana mengatasinya? Ya kita tutupi saja bagian layar ponsel tersebut dengan memotong sebagian screen guard sehingga hanya cukup untuk menutupi bagian layar handphone saja. Ya walaupun kelihatan agak tidak rapi, tapi akan lebih baik dari pada ponsel yang sudah kita beli mengalami kerusakan, iya kan?

2 komentar: